Tidak Hanya Busi, Filter Olinya Juga Ada Dua - Pulsar 135LS

Tidak Hanya Busi, Filter Olinya Juga Ada Dua

Masih mengenai ganti oli, dan untuk pertama kalinya saya menemui motor dengan 2 filter oli, apa istimewanya? sedangkan pada motor jepang filter oli mungil dan hanya satu.

Filter oli yang berbahan kertas terletak di bak kopling, filter ini dianjurkan diganti setelah 2x ganti oli. Sebab terkena aliran oli yang kencang dan panas kertasnya bisa rusak. Kerja filter ini menyaring partikel terkecil yang ikut terbawa oleh oli dari luar. Sehingga oli yang masuk dan mengalir ke crankshaft bersih. Sebab jalur oli ke crankshaft kecil dan sangat sempit.

https://partschai.com/public/uploads/all/s6ufAKSdLIU4k4oDfHC9aNLK73VYfyYpEin3DJB7.jpg

Filter oli kedua berada di lubang pembuangan oli. Saat baut pembuangan dibuka maka akan terlihat tonjolan, jika ditarik keluarlah saringan oli ini.

https://down-ph.img.susercontent.com/file/ph-11134207-7qula-lft7609n5zzs60

Sebenarnya ini adalah strainer (peniris) fungsinya sama-sama menyaring, tapi beda tujuannya. di dalamnya terdapat batang magnet yang berfungsi untuk menarik serbuk besi sehingga tidak tercampur dengan oli saat oli bersirkulasi. ini yang membuat saya heran, kenapa filter oli kertas selalu bersih? ternyata berkumpul semua di strainer.

Setiap ganti oli, usahakan bersihkan filter ini meskipun kotoran yang menempel sedikit. Sebab jika kotoran menumpuk, objek besi yang besar tidak akan melekat padanya. Sebab filter ini berisi batang magnet yang mampu menarik serbuk besi dan objek yang terbuat dari besi menghindari ikut terbawa oli saat bersirkulasi. 


  • Fatal bila magnet sudah lemah tidak diganti. Besi yang seharusnya menempel padanya, malah ikut terbawa sirkulasi oli dan menempel pada part yang berputar dalam mesin.
  • Fatal bila tidak terpasang, terutama saat ganti kampas kopling, atau ganti piston, atau ganti conrod, atau setelah turun mesin. Sebab masa runing-in biasanya menimbulkan banyak serbuk besi.
  • Fatal bila strainer terpasang terbalik, sebab menutup lubang jalur ke kampas kopling.


Sempat pernah penasaran dengan pernyataan mekanik yang sekaligus pengguna Pulsar 135 ini, bisa dibilang sepuh pada bidangnya, bilang motor ini bisa tanpa filter oli kertas. Dan jawabnnya adalah karena ada strainer yang berisi magnet ini.

Comments