Rembes Terus Walau Diganti Seal 1000x - Pulsar 135LS

Rembes Terus Walau Diganti Seal 1000x

 

Sudah ganti seal gear depan kok masih rembes? Bisa jadi karena kualitas seal yang jelek, atau oli yang tidak cocok dengan seal sehingga dapat merusak. Tapi itu semua salah! Banyak pengguna pulsar mengeluhkan masalah tersebut. Tapi sedikit yang tahu sebabnya. Itu terjadi karena o-ring sudah getas! Coba intip ke dalam output shaft. Lepas seal dan busing maka anda akan melihat ada oring yang nempel pada batang as gear depan tersebut! 


Alasan dibuat demikian mungkin karena O-ring dinilai lebih hemat daripada seal. Katakanlah sebuah O-ring seharga 5rb, dibandingkan satu seal 25rb.

Kerja O-ring ini hanya menutup celah batang output shaft (secondary gear) yang berputar dan cukup panas sehingga oli tidak keluar. Tapi oli juga mampu mempengaruhi umur o-ring ini, bisa membuatnya menjadi lembek atau keras, sehingga akan rusak pada waktunya.

O-ring ini memiliki ukuran 11x2,5mm. Tapi jika dipasangkan o-ring jenis bulat tidak bisa, jenisnya mirip o-ring untuk seal kaliper rem, pipih. Namun bisa diakali dengan dipapas sehinga ngepres masuk.

Comments