Daftar Suku Cadang Pulsar 135 - Pulsar 135LS

Daftar Suku Cadang Pulsar 135

KETERANGAN

Daftar part di sini berdasarkan part original baik bajaj.
Part subtitusi menggunakan original berarti sangat disarankan karena kepresisian tidak sama.
*kalimat barawal tanda bintang (*) merupakan keterangan
!kalimat berawal dengan tanda seru (!) merupakan peringatan
Daftar ini akan terus di update.
tulisan merah = masih teori dari hasil pencarian di internet
tulisan kuning = modif/penyesuaian

  • MESIN

BLOK HEAD
  • Baut rocker arm

Honda Grand, atau segala macem bebek karbu.

  • Valve: Original

Ø batang 4.5mm dan panjang batang 82mm. Ø payung in 20mm ex 17.5mm
*sangat disarankan menggunakan original, atau setidaknya aftermarket jika tidak ada

Satria FU karbu
Ø batang 4.5mm dan panjang batang 82.5mm. Ø payung in 22mm ex 19mm
*testimoni dari pembeli di e-commerce, dibubut untuk penyesuaian dengan original.

  • Bushing valv: Original

!Bila part ini diganti dengan yg lain, sealnya juga menyesuaikan, atau seal yang berada dalam daftar ini tidak berlaku.

  • Valve Spring/Per klep

Original, pajang 38.68mm (limit 35.23mm)
Satria FU karbu, panjang 38.5mm

  • Kancing klep / cotter

Honda Grand

  • Manipol In-take karbu

Suzuki Skydrive

BLOK SILINDER
  • Piston: Original ukuran 54

Suzuki Shogun/Smash/Arashi ukuran standar 53.5, jadi di pulsar pasang OS 50
*membuat coakan 4 klep

  • Pen Piston
Suzuki Shogun/Smash/Arashi, ukuran 14.
  • Bore: Blok ori, atau liner custom

  • Tensioner: Original 
Honda Karisma/supra/cbr original (yang ada gerigi)

  • Sensor Temperatur: Original.

*Jarang rusak karena bentuknya baut yang panasnya dibaca oleh CDI.

  • Karet damper: TVS Apache 160 (gen 1)

BLOK MAGNET

  • Stator: Original

*Bawaan motor lilitannya jelek, gulung sendiri atau
Suzuki smash pertama.
!penyesuaian baut

  • Pulser: Original

Yamaha Jupiter lawas, Suzuki Smash, Honda grand / win 100
!penyesuaian lubang baut

  • Pin dowel

Honda matic kode 90701-KFM-900, 2 buah

  • Tutup intip top magnet

!original sering rusak lubang baut L
kawasaki KLX 150

BLOK KOPLING

  • Handle Kopling: Original

cari yang mirip = GSX 150
cari yang mudah = Honda atau Yamaha
*penyesuaian kabel switch kopling

  • Kabel Kopling: Original
Panjang tidak lebih dari 90cm, universal bebas pilih.
  • Kampas Kopling: Original.

*kampas 4 besar + 1 kecil
Honda GL Series, Kawasaki KLX 150 / AR125
!Batas max ketebalan kampas per biji 3mm, melebihi itu awas susah netral!

  • Plat Gesek (besi): Original

*plat 4 besar + 1 kecil + 1 judder (cembung)
Honda Karisma, Yamaha Jupiter MX 135, KLX, CRF

  • Clutch Housing/Mangkok Kopling: Original
!mirip KLX tapi original pulsar dengan gigi serong
Gamti bagian mangkok kopling saja.
  • Clutch Hub/Kaki 4 dan lawan

Kawasaki KLX 150

  • Baut mahkota (rumah kopling)

ulir kanan, punya Kawasaki KLX 150

  • Per Kopling: Original

Yamaha TZ 125.
*Panjang hampir mendekati asli, kerasnya belum tahu.

!Universal, awas rumah kopling dan kampas cepat habis dan tuas keras.

  • Pin dowel

Honda matic kode 90701-KFM-900, 2 buah

  • Tutup Tap Oli

KLX150, dip stick di potong, nabrak rumah filter oli.

  • Filter oli: Original (Varroc)

Yamaha Byson (kertas) atau KTC (jaring alumunium)
Kawasaki Kaze R butuh per-nya, yang ditempelkan di tutupnya

  • Strainer oli: Original
Pulsar 200NS, KTM Duke 200/RC250
  • Kick starter:

Satria fu

  • KARBURATOR

*Semua keluarga suzuki karbu

  • Karburator: Original Ucal 26 = Mikuni BS6 (TPS+Autochoke)
universal, asal ukuran venturi 26
  • Karet vakum: Original
Suzuki Matic karbu (suzuki spin, satria)
  • Skep: Original

Honda megapro mono ada penyesuaian

  • Per Skep: Original
Bawaan repair kit, penyesuaian panjang dari original-nya
  • Karbu Repair Kit
Original Pulsar 135 (PJ 12,5, MJ 107,5)
Satria FU (PJ 15, MJ 112.5)
!Beli jet-nya saja.
  • Pelampung karbu
Suzuki Karbu spin/satria fu
*pin pakai original, atau dipotong sedikit.
  • Jarum Pelampung: ukuran diameter 3,4mm p13mm
Suzuki Spin
  • Selang pembuangan: ???
  • Selang udara: ???
  • BEARING

*Beli sesuai nomor, dan merk bearing yang berkualitas, bukan merek motor.
!Perhatikan keterangan tambahan bearing
!Beli yang asli bukan yang murah

Mesin

  • Camshaft (noken) = 6002-c3 (kiri), 6003-c3 (kanan)
  • Rocker arm (pelatuk) = HK0808
  • Crankshaft (kruk as) = 63/22 (22x56x16)/Honda karisma
  • Crankcase kanan (primary gear ratio) = HK1212 dan 6203 C3
  • Crankcase kiri (secondary gear ratio) = HK1312 dan 6203 C3
  • Stut kopling/pressure plate = 6200
Velg
  • Depan 6301 dan Belakang 6302RS1 + 6202RS1 C3
  • Nap gear 6005RS
!tanpa "RS" bisa, asal nap gear sudah ada seal-nya
  • Komstir: Original Pulsar 135/180 UG3
Aftermarket needle bearing (bambu) itu lebih baik
  • Swing arm: Original harganya mahal
Kawasaki Kaze R, atau ZX130
!tidak disarankan menggunakan bearing
  • SEAL, GASKET, PACKING, GROMMET, BUSHING

  • Gasket/Packing/Perpak Mesin

*Tersedia mulai dari original, aftermarket, atau bikin sendiri

  • Crankcase. khusus ini tidak ada, butuh lem khusus blok mesin
Pulsar 135LS UG3 (2017) ada
Tidak ada persamaan, beli original/aftermarket atau bikin sendiri
  • Knalpot. Honda Grand, Yamaha vega/jupiter
  • Tensioner:14560-ksp-910

Seal

  • Klep. Honda CBR lawas 12208-KY2-004. Vega/Krypton,

*Diameter batang 4,5mm
!Lebih baik original tidak mudah dilepas.

  • Shockbreaker
    • Seal oli: ukuran 30x43x10,3, 
      • RX100, TVS Apache gen 1 kode N3102420, 
      • Kawasaki Binter GTO/Suzuki TS125
    • Seal dust: TVS Apache, kode N3102410 
    • Ring clip: Yamaha RX King/Honda GL series/Thunder 125
  • Shifter: ukuran 12x22x50
Suzuki Smash, shogun, TS125.
  • Secondary gear (output shaft): ukuran 22x35x7mm
Honda CG 100 (seal kruk as)
  • Kick Starter: Ukuran 16x26x7. 
Kawasaki Kaze R, Blitz, Athlete, Ninja 150R/RR.
  • Stut kopling: 12x20x7
KLX 150, Suzuki Satria 2 tak, shogun SF kode 09285-10008-000
  • Seal dinamo:ukuran 12x21x5
Seal shifter Yamaha byson.
  • Seal nap gear: Ukuran 26x42x8
*Bawaan P135 menggunakan cover plastik. Bisa diganti dengan seal P180.
Seal nap gear Kawasaki Kaze/Ninja, Yamaha Vega/Jupiter/F1zr/Crypton.
  • Gasket tutup Head: Original

!Butuh lem sealer/gasket di dudukan head cover. 

Pedal Rem dan Shifter: ukuran 13x19x3

O-ring
  • Selongsong busi:
Oring dalam (kecil): ukuran 26x21x2.5mm
Oring luar (besar): ukuran 33x28x2,5mm
  • Filter Oli: Kawasaki Kaze R
  • Secondary Gear (output shaft): Original model flat (pipih)
*R18 (11x2.5mm) dikikis sekitar 0.5mm.
  • Tutup oli strainer (bawah). 1 buah.
  • Tutup oli tap (atas). 1 buah.
!o-ring bisa diganti seal tape pipa, tanpa itu bisa rembes.
  • Tutup pipa shockbreaker depan: ukuran R14 (21x2.5mm)
  • Kaliper piston rem:. Original
  • Dinamo: ukuran 20x2.5mm
  • Paha rem tromol: ukuran 11x2.5mm
  • Tensioner: ???
  • O-ring maniforld: 33x28x3mm
Bisa pakai oring slongsong busi luar (besar)

Grommet (karet bantalan/damper)
  • Bracket headlamp: M6 t10mm x Ø15mm, 6 biji
  • Cover Headlamp: M6 t10mm x Ø15mm, 3 biji
  • Bracket TNKB depan: M8 t20mm x Ø25mm, 2 biji
  • Side Cover: ???
  • Lubang kabel Sein belakang. ???
  • Tangki:
rangka tengah: ukuran 40x20mm, Binter merzy GTO
rangka belakang tengah: original
rangka samping (cover)
  • Seat/jok
Depan: Verza/CBR
Belakang: vario/beat (bulat), dan damper standar tengah (kotak)
  • Pedal kick starter: Honda GL series
  • Pedal shifter: Honda GL series
  • Karet damper standar tengah: TVS Apache lawas / karet jok
  • Footstep depan: original / Honda CBR (modif) sepaket dengan besinya
  • Footstep belakang, Honda verza/vario, atau Yamaha Jupiter (sepaket dengan besinya)
  • Swing arm (rantai): original
universal, buat penyesuaian sendiri
  • Bushing shock belakang: universal.

  • SPROCKET

  • Sprocket Depan: ukuran 15T
Supra/Grand
  • Ring (kunci sprocket): Standar Suzuki Smash (14T) Honda Supra/Grand (14T)
  • Sprocket Belakang: ukuran 43T

Honda GL series disuaikan ukuran

*Ukuran rasio alternatif. Supra/Grand 14T, GL MAX 40T. memiliki nomor index yang sama dengan original.

  • Rantai Roda: ukuran 428H -130L
Byson 94568-B5130
*rantai original menggunakan o-ring
!Merk RIKO tidak disarankan karena rantai gampang karat, tanpa o-ring, gampang kendor.

  • KELISTRIKAN

  • Kunci Kontak (ignition switch)
Yamaha Scorpio/RX king (bulat) 
  • Baterai/aki: Original 5Ah 12v
*bebas jenis apa saja, asal tidak kurang dari original dengan dimensi tidak lebih dari 121x61x131 mm
  • Regulator: Original 4700uf 25v,
Merk apa saja, asal spek tidak kurang dari itu. AWAS ELCO PALSU!
!mengubah regulator, perhatikan kemampuan charging stator (spul) terhadap baterai.
  • Bendik/Relay dinamo starter: Original lebih kuat
!Bentuk bulat lebih disarankan, tidak membuat kabel baru.
Bebas jenis apa saja merk apa saja, karena fungsinya sama.
  • Fuse: Original, tabung rating 10A
Ganti ke sikring blade (tancap)
*Lebih mudah dan tahan goncangan, dimensi besar-kecil tidak masalah, asal rating 10A
  • Sein. Universal, tapi untuk depan butuh bracket.
Bohlam. Tipe soket bayonet BAU15S, sejenis Honda verza.
!watt rendah membuat lampu berkedip cepat
  • Flasher. Original (warna orange), 
aftermaket flasher jenis DC
  • Lampu Depan: Original Bohlam 35w
soket HS1/H4. Apa saja asal tidak melebihi 35w yang dapat merusak reflektor.
!Ganti dengan LED, hemat baterai
  • Lampu Pilot: Original bohlam 5w
Soket T10
!Ganti dengan LED, menghindari reflektor leleh
  • Lampu Belakang: Original
!LED tidak bisa diganti dengan sembarang lampu, tapi biji LEDnya.
  • Koil: Original Bajaj Pulsar
Apa saja asal untuk CDI.
Honda Karisma, Suzuki A100, Yamaha Scorpio.
  • Busi: Original  Bosch U4AC dan Champion PRZ9HC
*lebih baik ada "R" untuk resistor
CR7HSA atau Denso 20FSRU
  • Cap Busi: Original Bajaj, 
!varroc lebih pendek
*original punya resistan 1k omh
Atau Apa saja asal masuk, sebelah kanan butuh yang lebih panjang.
Saklar lampu

  • REM

  • Rem Kampas Depan: Bajaj Pulsar all series
Suzuki GSX150 / Satria FU FI New
!Satria FU FI. potong ujung bentuk U disamakan dengan punya pulsar.
  • Rem Kampas Belakang
Suzuki Thunder, Spin
Yamaha RX King, Mio
  • Master Rem:Universal
semua motor batangan, atau bebek (kopling)
  • Selang Rem: 
Panjang shock depan original: CB150/verza 
Pulsar 220 (stainless)
Universal 35inch/90cm, kepanjangan.
  • Piston kaliper: ??

 
  • RODA

  • Velg Depan:
Original:
Velg Ukuran 1.60x17
Ban luar ukuran 2.75-17
Ban dalam ukuran 2.75-17 atau 80/90
!Hati-hati menggunakan ban tubles
Velg P180 UG3, tubeless, ukuran 2.15x17

*Rekomendasi ala mopang: Ban luar ukuran 70/90 atau 80/90
Velg Spoke (jari-jari): Supra

  • Velg Belakang:
Original:
Velg Ukuran 2.15x17
Ban luar ukuran 100/90-17
Ban dalam ukuran 3.50/4.00-17
!Hati-hati menggunakan ban tubles
Velg P180 UG3, tubeless, ukuran 2.15x17

*Rekomendasi ala mopang: Ban luar ukuran 100/80 atau 90/90
Velg Spoke (jari-jari): Supra

  • Sensor speedometer. Original, digital. non-contact
  • Baut roda. Dihitung dari ujung kepala baut sampai ujung drat:
Roda Depan Ø12xp225mm.
Swing arm Ø12xp265mm.
Roda Belakang Ø14xp285mm.

  • SUSPENSI

  • Depan
Pipa original. Panjang 555mm, Ø305mm
Yamaha RX100 
Pipa dan sulingan satu set. Honda CB150/Verza (565) atau RX King (585)
  • Tutup dan fork (segitiga): Bajaj XCD 125, Pulsar 180 UG3 stang model biasa.
  • Belakang: original, ukuran 38cm
Apa saja asal panjang sama.

  • Handlebar

  • Kabel Ga minimal panjang 90cm. 
Honda CBR, dengan ujung drat yang dipasang di holder saklar. atau keluarga honda lain jika butuh yang panjang. ini khusus saklar holder original.
Talinya saja, menggunakan kabel vespa tebal 1,5-2mm, butuh nipple buat kuncian panjang disesuaikan.
  • Kabel Kopling: minimal panjang 90cm
universal  atau Honda CBR
Talinya saja, menggunakan kabel vespa tebal 1,5-2mm, butuh nipple buat kuncian panjang disesuaikan.
  • Selongsong gas: universal
KLX150
!satu lubang nippel kabel gas.
  • Handgrip:. universal
KLX150
  • Spion: universal ukuran drat 14
  • Bar end: universal, terngantung pakai stang apa
  • Stang: Original
model biasa butuh riser khusus p135 atau ganti tutup segitiga XCD 125.
!stang clip on, modif baut tutup segitiga ke shock ke yang lebih panjang.

  • LAIN-LAIN

Leg guard, saree guard (bracket side bag). costum, original jarang jual.
Tali kunci jok. Original, Kabel rem sepeda, atau kabel kopling.

Comments