KETERANGAN
Daftar part di sini berdasarkan part original baik bajaj.
Part subtitusi menggunakan original berarti sangat disarankan karena kepresisian tidak sama.
*kalimat barawal tanda bintang (*) merupakan keterangan
!kalimat berawal dengan tanda seru (!) merupakan peringatan
Daftar ini akan terus di update.
tulisan merah = masih teori dari hasil pencarian di internet
tulisan kuning = modif/penyesuaian
MESIN
BLOK HEAD
- Baut rocker arm
Honda Grand, atau segala macem bebek karbu.
- Valve: Original
Ø batang 4.5mm dan panjang batang 82mm. Ø payung in 20mm ex 17.5mm
*sangat disarankan menggunakan original, atau setidaknya aftermarket jika tidak ada
Satria FU karbu
Ø batang 4.5mm dan panjang batang 82.5mm. Ø payung in 22mm ex 19mm
*testimoni dari pembeli di e-commerce, dibubut untuk penyesuaian dengan original.
- Bushing valv: Original
!Bila part ini diganti dengan yg lain, sealnya juga menyesuaikan, atau seal yang berada dalam daftar ini tidak berlaku.
- Valve Spring/Per klep
Original, pajang 38.68mm (limit 35.23mm)
Satria FU karbu, panjang 38.5mm
- Kancing klep / cotter
Honda Grand
- Manipol In-take karbu
Suzuki Skydrive
BLOK SILINDER
- Piston: Original ukuran 54
Suzuki Shogun/Smash/Arashi ukuran standar 53.5, jadi di pulsar pasang OS 50
*membuat coakan 4 klep
- Pen Piston:
- Bore: Blok ori, atau liner custom
- Tensioner: Original
- Sensor Temperatur: Original.
*Jarang rusak karena bentuknya baut yang panasnya dibaca oleh CDI.
- Karet damper: TVS Apache 160 (gen 1)
BLOK MAGNET
- Stator: Original
*Bawaan motor lilitannya jelek, gulung sendiri atau
Suzuki smash pertama.
!penyesuaian baut
- Pulser: Original
Yamaha Jupiter lawas, Suzuki Smash, Honda grand / win 100
!penyesuaian lubang baut
- Pin dowel
Honda matic kode 90701-KFM-900, 2 buah
- Tutup intip top magnet
!original sering rusak lubang baut Lkawasaki KLX 150
BLOK KOPLING
- Handle Kopling: Original
cari yang mirip = GSX 150
cari yang mudah = Honda atau Yamaha
*penyesuaian kabel switch kopling
- Kabel Kopling: Original
- Kampas Kopling: Original.
*kampas 4 besar + 1 kecil
Honda GL Series, Kawasaki KLX 150 / AR125
!Batas max ketebalan kampas per biji 3mm, melebihi itu awas susah netral!
- Plat Gesek (besi): Original
*plat 4 besar + 1 kecil + 1 judder (cembung)
Honda Karisma, Yamaha Jupiter MX 135, KLX, CRF
- Clutch Housing/Mangkok Kopling: Original
Gamti bagian mangkok kopling saja.
- Clutch Hub/Kaki 4 dan lawan
Kawasaki KLX 150
- Baut mahkota (rumah kopling)
ulir kanan, punya Kawasaki KLX 150
- Per Kopling: Original
Yamaha TZ 125.
*Panjang hampir mendekati asli, kerasnya belum tahu.
!Universal, awas rumah kopling dan kampas cepat habis dan tuas keras.
- Pin dowel
Honda matic kode 90701-KFM-900, 2 buah
- Tutup Tap Oli
KLX150, dip stick di potong, nabrak rumah filter oli.
- Filter oli: Original (Varroc)
Yamaha Byson (kertas) atau KTC (jaring alumunium)
Kawasaki Kaze R butuh per-nya, yang ditempelkan di tutupnya
- Strainer oli: Original
- Kick starter:
Satria fu
KARBURATOR
*Semua keluarga suzuki karbu
- Karburator: Original Ucal 26 = Mikuni BS6 (TPS+Autochoke)
- Karet vakum: Original
- Skep: Original
Honda megapro mono ada penyesuaian
- Per Skep: Original
- Karbu Repair Kit
Satria FU (PJ 15, MJ 112.5)
- Pelampung karbu
*pin pakai original, atau dipotong sedikit.
- Jarum Pelampung: ukuran diameter 3,4mm p13mm
- Selang pembuangan: ???
- Selang udara: ???
BEARING
*Beli sesuai nomor, dan merk bearing yang berkualitas, bukan merek motor.
!Perhatikan keterangan tambahan bearing
!Beli yang asli bukan yang murah
Mesin
- Camshaft (noken) = 6002-c3 (kiri), 6003-c3 (kanan)
- Rocker arm (pelatuk) = HK0808
- Crankshaft (kruk as) = 63/22 (22x56x16)/Honda karisma
- Crankcase kanan (primary gear ratio) = HK1212 dan 6203 C3
- Crankcase kiri (secondary gear ratio) = HK1312 dan 6203 C3
- Stut kopling/pressure plate = 6200
Velg
- Depan 6301 dan Belakang 6302RS1 + 6202RS1 C3
- Nap gear 6005RS
- Komstir: Original Pulsar 135/180 UG3
- Swing arm: Original harganya mahal
SEAL, GASKET, PACKING, GROMMET, BUSHING
- Gasket/Packing/Perpak Mesin
*Tersedia mulai dari original, aftermarket, atau bikin sendiri
- Crankcase. khusus ini tidak ada, butuh lem khusus blok mesin
Tidak ada persamaan, beli original/aftermarket atau bikin sendiri
- Knalpot. Honda Grand, Yamaha vega/jupiter
- Tensioner:14560-ksp-910
Seal
- Klep.
Honda CBR lawas 12208-KY2-004. Vega/Krypton,
*Diameter batang 4,5mm
!Lebih baik original tidak mudah dilepas.
- Shockbreaker
- Seal oli: ukuran 30x43x10,3,
- RX100, TVS Apache gen 1 kode N3102420,
- Kawasaki Binter GTO/Suzuki TS125
- Seal dust: TVS Apache, kode N3102410
- Ring clip: Yamaha RX King/Honda GL series/Thunder 125
- Shifter: ukuran 12x22x50
- Secondary gear (output shaft): ukuran 22x35x7mm
- Kick Starter: Ukuran 16x26x7.
- Stut kopling: 12x20x7
- Seal dinamo:ukuran 12x21x5
- Seal nap gear: Ukuran 26x42x8
- Gasket tutup Head: Original
!Butuh lem sealer/gasket di dudukan head cover.
Pedal Rem dan Shifter: ukuran 13x19x3
O-ring
- Selongsong busi:
- Filter Oli: Kawasaki Kaze R
- Secondary Gear (output shaft): Original model flat (pipih)
- Tutup oli strainer (bawah). 1 buah.
- Tutup oli tap (atas). 1 buah.
- Tutup pipa shockbreaker depan: ukuran R14 (21x2.5mm)
- Kaliper piston rem:. Original
- Dinamo: ukuran 20x2.5mm
- Paha rem tromol: ukuran 11x2.5mm
- Tensioner: ???
- O-ring maniforld: 33x28x3mm
Grommet (karet bantalan/damper)
- Bracket headlamp: M6 t10mm x Ø15mm, 6 biji
- Cover Headlamp: M6 t10mm x Ø15mm, 3 biji
- Bracket TNKB depan: M8 t20mm x Ø25mm, 2 biji
- Side Cover: ???
- Lubang kabel Sein belakang. ???
- Tangki:
- Seat/jok:
- Pedal kick starter: Honda GL series
- Pedal shifter: Honda GL series
- Karet damper standar tengah: TVS Apache lawas / karet jok
- Footstep depan: original / Honda CBR (modif) sepaket dengan besinya
- Footstep belakang, Honda verza/vario, atau Yamaha Jupiter (sepaket dengan besinya)
- Swing arm (rantai): original
- Bushing shock belakang: universal.
SPROCKET
- Sprocket Depan: ukuran 15T
- Ring (kunci sprocket): Standar Suzuki Smash (14T) Honda Supra/Grand (14T)
- Sprocket Belakang: ukuran 43T
Honda GL series disuaikan ukuran
*Ukuran rasio alternatif. Supra/Grand 14T, GL MAX 40T. memiliki nomor index yang sama dengan original.
- Rantai Roda: ukuran 428H -130L
KELISTRIKAN
- Kunci Kontak (ignition switch)
- Baterai/aki: Original 5Ah 12v
- Regulator: Original 4700uf 25v,
!mengubah regulator, perhatikan kemampuan charging stator (spul) terhadap baterai.
- Bendik/Relay dinamo starter: Original lebih kuat
Bebas jenis apa saja merk apa saja, karena fungsinya sama.
- Fuse: Original, tabung rating 10A
*Lebih mudah dan tahan goncangan, dimensi besar-kecil tidak masalah, asal rating 10A
- Sein. Universal, tapi untuk depan butuh bracket.
!watt rendah membuat lampu berkedip cepat
- Flasher. Original (warna orange),
- Lampu Depan: Original Bohlam 35w
- Lampu Pilot: Original bohlam 5w
!Ganti dengan LED, menghindari reflektor leleh
- Lampu Belakang: Original
- Koil: Original Bajaj Pulsar
- Busi: Original Bosch U4AC dan Champion PRZ9HC
- Cap Busi: Original Bajaj,
Atau Apa saja asal masuk, sebelah kanan butuh yang lebih panjang.
REM
- Rem Kampas Depan: Bajaj Pulsar all series
!Satria FU FI. potong ujung bentuk U disamakan dengan punya pulsar.
- Rem Kampas Belakang
Yamaha RX King, Mio
- Master Rem:Universal
- Selang Rem:
- Piston kaliper: ??
RODA
- Velg Depan:
Velg Ukuran 1.60x17
Ban luar ukuran 2.75-17
Ban dalam ukuran 2.75-17 atau 80/90
!Hati-hati menggunakan ban tubles
Velg P180 UG3, tubeless, ukuran 2.15x17
*Rekomendasi ala mopang: Ban luar ukuran 70/90 atau 80/90
Velg Spoke (jari-jari): Supra
- Velg Belakang:
Velg Ukuran 2.15x17
Ban luar ukuran 100/90-17
Ban dalam ukuran 3.50/4.00-17
!Hati-hati menggunakan ban tubles
Velg P180 UG3, tubeless, ukuran 2.15x17
*Rekomendasi ala mopang: Ban luar ukuran 100/80 atau 90/90
Velg Spoke (jari-jari): Supra
- Sensor speedometer. Original, digital. non-contact
- Baut roda. Dihitung dari ujung kepala baut sampai ujung drat:
Swing arm Ø12xp265mm.
Roda Belakang Ø14xp285mm.
SUSPENSI
- Depan
- Tutup dan fork (segitiga): Bajaj XCD 125, Pulsar 180 UG3 stang model biasa.
- Belakang: original, ukuran 38cm
Handlebar
- Kabel Ga minimal panjang 90cm.
- Kabel Kopling: minimal panjang 90cm
- Selongsong gas: universal
- Handgrip:. universal
- Spion: universal ukuran drat 14
- Bar end: universal, terngantung pakai stang apa
- Stang: Original
LAIN-LAIN
Tali kunci jok. Original, Kabel rem sepeda, atau kabel kopling.