Yakin Masih Mau Cabut Autochoke? - Pulsar 135LS

Yakin Masih Mau Cabut Autochoke?

Keluhan pengguna pulsar saat menghidupkan motor ini adalah gasnya langsung tinggi. Lalu panik, dan langsung memvonis motornya bermasalah. Padahal itu hal yang wajar, bahkan itu sudah umum terjadi di motor matic, tapi karena mesinnya tertutup body, suaranya tidak senyaring pulsar.

Kondisi tersebut adalah normal, saat mesin dingin CDI akan mengirim sinyal untuk menarik choke sehingga langsam tinggi. Itu hanya berlangsung beberapa detik. Sesuai ketentuan dari buku manual sebagai berikut:


BACA: Hari gini starter masih pakai engkol?

Fungsi autochoke disini adalah untuk melancarkan sirkulasi oli, sirkulasi bbm, dan mempercepat naiknya temperatur mesin, seraca otomatis tanpa geber-geber, dalam waktu yang singkat. Dengan kata lain motor ini dapat mempersiapkan dirinya sendiri.

Namanya kendaraan yang berumur pasti ada saja kendalanya. Semisalnya kabel yang getas lalu putus, terutama kabel sensornya seperti pada foto dibawah. Menyebabkan choke akan terus aktif tiap kali mesin dihidupkan, walaupun mesin sudah panas.

Solusinya adalah dipasang kembali, dan itu mudah karena itu hanya berupa kabel yang dijepitkan pada baut. atau anda bisa melepas soket hijau pada karbu.

Sebenarnya ini adalah fitur yang diberikan oleh Bajaj pada pulsar. Diharapkan untuk mempermudah operasional. Tapi yang namanya penyembah jepang akan sudah menerima hal tersebut, dan memilih untuk menyebutnya sebuah kerusakan.

Comments