Review Oli Pulsar 135 - Pulsar 135LS

Review Oli Pulsar 135

Berikut adalah oli yang pernah saya coba untuk motor pulsar 135. Sebenarnya ada banyak oli yang di review oleh salah satu anggota komunitas pulsar, tapi diluar jangkauan saya jadi saya hanya review apa yang ada dan mudah didapat dibengkel terdekat.

SPESIFIKASI OLI BAJAJ PULSAR 135LS

  • SAE 20W-50
  • API ‘SJ’/‘SL’ + JASO MA

BACA: Volume Oli Pulsar 135 1 Liter?


PERTAMINA PrimaXP
https://www.static-src.com/wcsstore/Indraprastha/images/catalog/full/MTA-1967271/pertamina_pertamina-prima-xp-20w-50-pelumas-oli-mobil--4-liter-_full03.jpg

SAE 20W50 API SL
Tidak banyak komentar, ternyata olinya biasa saja, cocok untuk pulsar. Saya jadikan ini standar minimalnya saja, sesuai dengan standar Bajaj, maksimal sampai 3000km. Bagi orang yang tidak mau repot milih-milih oli, banyak dijual di toko/bengkel motor/mobil, oli ini RECOMMENDED! ssstt... harganya selisih sedikit lebih mahal dari MeditranSX.

 

PERTAMINA MeditranSX
https://image.mandiriindonusaperkasa.com/s3/productimages/webp/co41055/p983692/w600-h600/5dc5312b-5640-4bdd-8c1f-b3ffb1f334d3.png

SAE 15W40 API SJ/CH-4
Tarikan motor enteng, redam panas, tapi getaran mesin lebih terasa. Ampuh untuk jarak jauh, tapi harus pemanasan dulu, minimal jalan 1000km baru terasa. Tidak cocok untuk musim kemarau, SAE 10w-40, lebih encer dari rekomendasi lebih cepat menguap. Ini oli mesin diesel jangan heran cepat hitam warnanya. oli ini RECOMMENDED tapi tetap lebih disarankan SAE ikut standar oli Bajaj Pulsar! versi galonnya mahal loh... hahaa.

 

XTEN Klasik
https://xten.id/wp-content/uploads/X-Ten-SAE-20-50-min.png

SAE 20W-50 API SG
Sekali lagi, pengalaman yang sama pada Xeon RC, oli ini oli standar, seperti pertamina enduro racing. kapasitas 800ml pas untuk pulsar 135 kondisi mesin ori pabrik, hanya untuk ganti oli, bukan setelah turun mesin! TIDAK RECOMEND karena lebih mahal dari enduro racing, dengan jarak tempuh yang sama. Ester tai kucing lah, haha....
 
PERTAMINA Mesran Super
https://www.static-src.com/wcsstore/Indraprastha/images/catalog/full//104/MTA-4059967/pertamina_pertamina_mesran_super_sae_20w-50_oli_mobil_-4_liter-_full02.jpg

SAE 20W-50 API SG/CD
Oli legendaris untuk motor atau mobil. Alternatif dan posisinya dibawah Prima XP, lebih mudah di dapat dengan harga yang paling murah, jadi pilihan terakhir kalau MSX dan PXP tidak terbeli. Soal performa tidak ada yang istimewa, dan jarak tempuh normal 3000km.

PERTAMINA Meditran S
https://media.monotaro.id/mid01/big/Otomotif%2C%20Truk%20%26%20Sepeda%20Motor/Oli%2C%20Bahan%20Kimia%2C%20Perbaikan/Oli%20Otomotive/Oli%20Mesin/Pertamina%20Oli%20Mesin%20Meditran%20S%20Min%2040%20CF-2%2FSF%20PL1%20(Diesel%20engine%20oil)/8iP104857306-1.jpg

SAE 40 API CF2/SF
Kaget MSX tembus 50rb, lah duit pas-pasan nekat pakai oli ini. Dengan SAE 40 single grade. Lebih parah dari MSX karena turun 2 tingkat. Dan ternyata ini oli kedua yang cocok setelah Prima XP. Soal performa ini hanya cocok untuk motor yang tugasnya jarak dekat seperti ke warung. Sebab setelah satu jam mesin berjalan rasanya tidak enak sekali, harus ada istirahat 15 menit. Jarak tempuh normal 3000 km, lebih dari itu sudah tidak enak.

Comments