Pengaman Kelistrikannya Ada Tiga! - Pulsar 135LS

Pengaman Kelistrikannya Ada Tiga!

Awal pertama inspeksi motor ini saya dapati ada kabel yang di jumper, yaitu kabel sikring, kabel utama yang mencatu daya ke semua perangkat elektronik di motor ini, dan sebenarnya ini cukup fatal, sebab jika ada kegagalan kelistrikan pasti imbasnya ke semua perangkatnya, ibarat menanam bom waktu. Dengan rasa penasaran saya baca kembali diagram kelistrikan motor ini dan menemukan dan menyimpulkan bahwa motor ini punya 3 pengaman, yaitu sebagai berikut:


Sekring Pengapian (Primer)

Seperti yang sudah dikatakan, sekring ini adalah gerbang keamanan pertama. Dijembatani oleh kunci kontak motor sebagai aktivator kelistrikan. Sehingga jika sekring ini rusak maka motor tidak akan dapat dihidupkan. Sebab kelistrikan motor ini menggunakan sistem DC. Dan Fatal yang saya maksud saat ada kegagal kelistrik, seperti tegangan tidak stabil bisa merusak CDI, relay, regulator, dll. Sehingga jika terjadi putus sikring, baiknya sebelum diganti, cari dulu sumber penyebab sikring putus!

https://down-id.img.susercontent.com/file/c5254a09482797688e69bb1b277e36fa

Sikring bawaan pulsar berbentuk tabung yang tidak makan tempat, tapi lamanya pemakaian akan kendor pada konektor. Sehingga menyebabkan mesin atau lampu mati saat terjadi goncangan. Itu sangat mungkin terjadi mengingat jalan di Indonesia tidak pernah mulus.


Sekring Lampu (Sekunder)

Setelah listrik melewati sekring pengapian, diteruskan ke sikring ini. Bertugas sebagai pengaman lampu, semua jalur lampu melewati sekring ini! Sehingga apa bila ada abnormal dari lampu yang bisa konslet atau voltase tidak stabil sikring ini putus. Bila terjadi demikian, motor masih dapat hidup, hanya fasilitas lampu dan speedometer tidak berfungsi.

https://www.static-src.com/wcsstore/Indraprastha/images/catalog/full//101/MTA-44454818/oem_fuse-blade-besar-sekring-tancap-mobil-5a-10a-15a-20a-25a-30a_full01.jpg

Mengganti dengan model tancap (blade) adalah solusi dari sekring tabung, lebih tahan getaran, tapi sedikit makan tempat. Perlu diketahui bahwa rating sekring ini 10A, atau sekring warna merah.


Kapasitor (elco)

Regulator motor ini memiliki kapasitor yang terpisah, tidak seperti motor jepang yang tertanam di dalamnya. Benda ini memiliki kapasitas 4700uf 25v, walaupun bisa diganti lebih besar tapi saya tidak menyarankan. Sebab fungsinya sebagai pengaman ketiga, khususnya untuk pengisian aki. Dari stator sumber listrik AC, yang akan ditampung ke baterai, harus melewati kapasitor, baik ke regulator atau ke aki. Sehingga jika ada kegagalan pada stator, kapasitor ini akan menjadi korban, dengan memutuskan kaki atau meledak. Tapi tenang tidak sampai terbakar hanya asapnya seperti warung sate.

https://m.media-amazon.com/images/I/31pkjvECotL._AC_UF1000,1000_QL80_.jpg

Dinilai ini lebih praktis dari pada menggunakan regulator motor jepang, juga penggantian kapasitor ini cukup mudah dan murah biayanya. Satu biji kapasitor yang sama ditempat saya hanya 10rb. Lebih baik keluar uang 10rb dari pada regulator, aki, dkk, yang rusak gara-gara stator ngaco, bisa rugi ratusan hingga jutaan rupiah.

Dari sini diharapkan, dipikirkan lagi, jika anda ingin modifikasi seperti jumper kabel, pasang lampu tambahan, ganti part jepangan, semua ada resikonya. Jadi lakukan dengan kesadaran penuh.

Comments