Siapa sangka, CBR dengan hujatan mesin klotok-klotok, ternyata pulsar punya penyakit yang sama. Untuk itu solusinya juga sama, ganti tensioner yang punya mekanisme per.
Pada pemakaian pertama, sudah ditemui suara aneh di area blok silinder. Suara gemricik khas rantai kegesek. dan benar ternyata tensioner yang sudah hancur, sehingga tidak dapat menekan rantai. Hasil pencarian disalah grup pulsar di facebook menemui hasil. Penggantinya menggunakan part yang sama dengan Honda karisma/supra/vario/CBR tapi masalahnya sama, yaitu tonjokannya sama pendeknya. Sehingga pencarian solusi menemui titik temu. Menggunakan tensioner model gerigi/mekanisme per. Ini mengingatkan saya dengan kasus one way starter Xeon RC
BACA: One-way starter Xeon RC ambrol
Setelah diganti suarak gemricik berganti dengan suara dengung ala tukang kue putu, haha... rantai ori Bajaj memang bersuara seperti itu. Tapi perlu diperhatikan per dalam tensioner jenis ini sangat kuat, sehingga mampu menghabiskan bantalan rantai cam. Saya kondisikan dengan memotong per sedikit, untuk mengurangi kekuatan pegasnya.
UPDATE
- Tensioner yang dipakai merk TAKA. Penutup tensioner ini kualitasnya jelek, gampang slek, sebab dicetak, bukan ditempa seperti unit tensioner itu sendiri.
- Jadi sumber rembes oli karena bentukannya yang kecil
- perlu diketahui rantai cam pulsar, original, umurnya pendek, jadi kalau sudah kendor lebih baik diganti bukan dipanjangkan tonjokan tensioner. Bahaya untuk camshaft, dan crankshaft.