Bahaya Lampu Bohlam di Motor Ini - Pulsar 135LS

Bahaya Lampu Bohlam di Motor Ini

https://images.tokopedia.net/img/cache/700/product-1/2017/7/7/0/0_bf46f730-d38c-48e1-a777-7e6fba3f0268_763_430.jpg

Masalah kelistrikan terbesar pulsar adalah ada pada lampu depan. Berhentilah menggunakan bohlam walaupun saya akui itu bagus secara visibilitas untuk pengendara lain, utamanya di musim hujan. Sekarang eranya lampu LED, hampir semua produksi motor sudah beralih ke LED. Meskipun tidak membantu saat hujan, terutama malam hari. Tapi inilah yang terbaik untuk motor ini. Sebab Bohlam terlalu cepat menguras daya baterai. Imbaskan ke tenaga motor berkurang, seperti akselerasi dan tenaga terasa berat.

Bahkan setelah mengganti ke LED harus dijaga watt-nya agar tidak terlalu besar, dibawah 35w. Melebihi itu, akan berakibat buruk ke reflektor dan juga baterai. Saya bereksperimen dengan memasang voltmeter, dan hasilnya sebagai berikut:

  • 12.6v kontak on
  • 9v saat tombol starter dipencet
  • 14.5v idle
  • 14.2v motor berjalan dikecepatan 50kmh
  • 13.6v lampu pilot menyala, motor berjalan dikecepatan 50kmh
  • 12.8v semua lampu menyala, motor berjalan dikecepatan 50kmh

Kenapa bisa turun drastis dari 14v ke 12v? Sebab semua kelistrikan motor ini bergantung pada baterai. Jadi sangatlah penting kondisi baterai pada motor ini! Jangan sekali-sekali jumper kabel lampu agar kontak ON, lampu menyala.

BACA: Aki Sehat?

Comments