Penyakit Speedometer Pulsar 135 - Pulsar 135LS

Penyakit Speedometer Pulsar 135

https://s1.cdn.autoevolution.com/images/moto_gallery/BAJAJ-PULSAR-135-LS-13950_2.jpg

Meskipun terlihat keren gabungan tachometer analog dan speedometer digital. Ternyata ada penyakit dibalik kerennya sebuah visual. Berikut adalah keluhan saya dengan speedometer motor pulsr 135 ini.

Indikator Sein Vario

https://media.suara.com/pictures/1600x840/2023/12/06/28423-contoh-speedometer-lcd-untuk-motor-honda-vario-160.jpg

Indikator sein berupa outline adalah salah satu penyakit yang paling saya benci. Saat siang hari yang terang justru tidak kelihatan sama sekali! ini mirip sein new vario 150. Membuat lupa mematikan sein. Tapi model ini sudah diperbaiki pada produksi tahun 2020. Ternyata bisa ditiru, hanya gosok plat penutup indikator sein yang warna hitam sampai menjadi bening.



Tidak Pernah Mati


Jangan pikir kontak OFF, semuanya mati. Tidak untuk speedometer yang terhubung langsung dengan baterai. Demikian karena ada memori trip pada speedometer yang mengandalkan aki untuk kelangsungan hidupnya. Dengan kata lain tidak bisa menyimpan data! ini lumayan goblok sebenarnya, harus ada batre CMOS untuk itu, atau tambahan memori kecil, tapi apalah ini mocil.

Sensor Lambat

Anda tidak akan mendapatkan informasi langsung pada indikator bensin dan baterai. Mereka butuh beberapa menit untuk menampilkan hasil yang akurat.

  • Semisalnya yang paling sering adalah ketika motor dalam keadaan standar tengah, anda dapati 3 bar, tapi setelah motor berjalan beberapa menit muncul 1 bar lagi. 
  • Begitu juga dengan indikator REST yang menyala lebih dulu dari seharusnya bersamaan saat bensin sisa 3 liter. Itu kerena bentuk tangki yang terbelah dua, kadang bensin masih nyangkut di sisi kanan tangki.
  • Sedangkan baterai, setelah berkedip meskipun motor sedang jalan dan mengisi baterai. Terus berkedip cukup lama meski baterai sudah terisi, kemudian berhenti sendiri.

LCD Sunburn

Visor pada headlamp hanya mempercantik tampilan agar tidak kelihatan botak. Bila anda peduli dengan LCD yang lumayan mahal ini unitnya. Tutupi dengan kain atau cari parkiran beratap.

Lubang Baut Jadi Sumur

Ini yjang sering diabaikan terutama saat musim hujan. Motor terparkir diluar, atau kehujanan dijalan. Sering terlupankan untuk dibersihkan, sehingga air menggenang dan membuat karat baut dan bracket headlamp. Hati-hati yang suka nyuci pake semprot-semprot jangan sampai terlupakan.

Tombol Reset Mudah Hilang

Bagi yang service atau suka bongkar pasang sendiri, hati-hati ada batang kecil penghubung tombol reset trip pada speedometer yang gampang hilang karena letaknya yang tersembunyi. Kalaupun hilang bisa diganti dengan yang lain asal bahan tidak tajam yang dapat merusak tombol luar berbahan karet.

Comments