Mencari Busi Pengganti - Pulsar 135LS

Mencari Busi Pengganti

Pada umumnya motor menggunakan satu busi, tapi si Bajaj malah pakai dua busi pada motor Pulsar, bahkan ditambahkan satu lagi pada Pulsar 200NS menjadi tiga. Dari buku manual tertulis menggunakan dua busi yang berbeda yaitu Champion PRZ9HC dan Bosch UR4AC. Bisa dipilih dari keduannya, champion semua, atau bosch semua. Namun ada yang menarik buat saya, kedua busi tersebut memiliki heat range yang berbeda!

Jika anda mencari busi untuk pulsar 135 di bengkel umum maka tanyakan busi untuk motor berikut ini, kalau tidak mau diusir oleh pelayan bengkel secara langsung. Terimakasih kepada saudara anton, dari grup Pulsar 135

Saya hendak memasangkan busi yang persis seperti pada buku manual dan penasaran seperti apa performanya. Hal tersebut mengingatkan saya dengan kasus Xeon RC dengan busi yang salah mengakibatkan gangguan pada performa. Tapi kendalanya adalah busi tersebut sudah diproduksi ulang dengan kode yang berbeda. Sehingga saya kesulitan mencari busi dengan kode terbaru, tapi bisa ditemukan dari situs parkplug-crossreference.com dan berikut hasilnya:

BACA: Xeon RC Salah Busi Mesin Susah Hidup
BUSI PRIMER (KIRI)
  • BOSCH UR4AC > UR4AP (platinum) > UR4AI30 (iridium)
  • DENSO U22FSRU (copper) > DENSO IU27 iridium (ulir pendek)
  • NGK CR7HSA (copper) > NGK CR8HIX > CR9HIX (iridium)
  • Daytona 3391 (copper)
  • Brisk 1541 NAR14YC (copper)

BUSI SEKUNDER/OPTIONAL (KANAN)

  • CHAMPION PRZ9HC > Z9Y (tanpa resistor)
  • DENSO U20FSRU (copper)
  • NGK CR6HSA > CR6HGP (platinum) - CR6HIX (iridium)

Perlu diketahui busi pulsar 135 ini butuh resistor, untuk menekan radiasi listrik yang dihasilkannya, dan jangan harap api busi besar seperti rumah kebakaran. Sebab banyak elektronik diatas mesin pulsar ini berbahaya untuk CDI, regulator, relay, speedometer, dsb. Kedua yang perlu diperhatikan adalah karakter mesin pulsar yang panas harus busi harus disesuaikan. Tapi kenapa ada busi panas? mungkin akan terjawab pada artikel berikutnya.

referensi:





Comments