Perawatan Rutin: Service Ringan Mandiri - Pulsar 135LS

Perawatan Rutin: Service Ringan Mandiri

Saya dapati bahwa perawatan motor ini lebih manja, makan banyak biaya, itu semua untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi. Guna menjaga kondisi motor tetap dalam top performa, agar motor siap untuk kerja berat. Jadwal perawatan rutin versi saya ini berdasarkan 3000km atau 3 bulan pemakaian rutin setiap hari, atau 30km/hari

OLI
Perawatan rutin yang sudah diketahui adalah ganti oli dengan spek yang sudah ditentukan yaitu SAE 20w-50 API SL JASO MA. Merk bebas yang penting bisa dibeli dengan uang yang ada. Tapi ya jangan oli palsu yang dibeli. Ingat, isi hanya sampai batas atas pada kaca intip atau menyisakan 100ml dari 1liter oli.

BACA: Review oli pulsar
Penting untuk diketahui, untuk menutup baut tap dan drain cukup gunakan tangan. Tapi untuk baut drain berikan sedikit putaran tambahan dengan kuncinya sebesar 30ยบ. meskipun masih terasa ringan, dan dapat berputar, JANGAN, bahan material alumunium tipis rentan pecah!

O-RING
Selain itu ada 3 o-ring yang harus diganti pada setiap penggantian oli, sekitar 3000km (tergantung kualitas oli).


Ukuran O-ring:
  • Baut tap = R10 (14x2.5mm)
  • Baut drain = R13 (19x2.5mm)
  • Saringan = R9 (13x2.5mm)
Gunakan saja o-ring kualitas rendah yang banyak dijual di bengkel. Selain dapat diprediksi, juga dari pada dapat part yang ngaku original. Sebenarnya o-ring ini pengganti washer (ring besi) yang mana perannya hanya sekali pakai.
Saya sangat menyarankan menggantinya walaupun belum rusak atau rembes. Karena umurnya yang pendek sehingga menghindari lebih baik daripada mencegah. Kerja dua kali bila setelah ganti oli beberapa hari kemudian muncul masalah langganannya, oli rembes!

FILTER
Filter oli juga diganti setelah melewati masa 2x ganti oli. Tapi o-ringnya diganti setelah 4x ganti oli atau penggantian filter oli untuk yang kedua kalinya. atau dalam pemakaian saya setelah 1 tahun.

Setelah selesai dengan pekerjaan itu dilanjutkan dengan membersihkan file udara. Cukup cuci dengan sabun deterjen dan biarkan kering. Kemudian basahi sedikit dengan sisa oli mesin tadi dan ratakan, lalu pasang kembali.

RANTAI
Mencuci dan melumasi rantai agar rantai tidak cepat aus. Tidak ada pembersih khusus cukup gunakan bensin jenis pertalite. Sebab pertalite ini ada campuran yang meninggalkan minyak, tidak sepenuhnya kering bersih seperti pertamax. 
Pada bagian tutup sprocket depan itu paling sering kotor karena cipratan air di jalan, kotoran, dan oli mengumpul di dalamnya. dan memang tutup ini didesain untuk mengumpulkan kotoran.
Anda mempunyai referensi sendiri silakan. Pelumasan rantai bisa menggunakan sisa oli tadi, tapi membuat kotoran mudah menempel. Sedangkan saya pribadi menggunakan AFT (cairan transmisi otomatis). Tidak lupa juga bagian engsel standar samping dan pijakan kaki ikut dibersihkan dan dilumasi. 

REM
Menunggu rantai kering sekalian bersihkan rem tromol dan rem cakram. Cukup dibersihkan kampasnya sambil cek kondisinya dan catat agar tidak lupa kapan harus menggantinya.

TEKANAN ANGIN
Setelah rantai dipasang dan dirakit. Rem sudah bersih dan disetel. Langkah terakhir adalah memeriksa tekanan ban. Sesuai kebutuhan, atau standar pabrik depan 1.70BAR dan belakang 2.00BAR.

Alat
  • kunci 18/19 untuk baut drain
  • kunci 8 untuk buka baut tutup filter oli (opsional)
  • corong oli (opsional)
  • obeng+ untuk buka tutup box filter
  • kunci 17 dan 22 untuk buka baut roda belakang.
  • 2x kunci 10 mur setelan rantai
  • Tang untuk buka kuncian rantai
  • alat rojok untuk pasang rantai
  • sikat/kuas kecil untuk pelumasan rantai, dkk.
  • kunci L 5 untuk buka baut kaliper
  • Sikat, spon dan lap kering untuk membersihkan tromol dan kaliper.
  • pompa angin untuk ban
Bahan dan biaya
  • 50rb Oli
  • 15rb 3 o-ring
  • 10rb pertalite
  • 2rb sabun colek wings biru
Total 77rb

waktu pengerjaan 30-60 menit
Comments