Perawatan Rutin Tahunan - Pulsar 135LS

Perawatan Rutin Tahunan

Menginjak satu tahun atau bisa dilakukan sehabis tahun baru, dan bertepatan dengan ganti oli agar satu kali kerja. Jadi perawatan rutin ditambah tune up.

HEAD/SILINDER

Part yang perlu disediakan adalah packing top set seperti berikut:


Karena akan membersihkan ruang bakar. Bukan karena sekalian bongkar, tapi memang ketahanan packing original/aftermarket hanya sampai satu tahun, dengan pemakaian motor rutin setiap hari.
  • Periksa Kebocoran pada klep dan seal.
  • Periksa celah baut rocker arm. setel ulang bila perlu. 
  • HARUS Ganti lem sealant pada gasket karet cover heat, gunakan lem sealant tahan temperatur tinggi.
*Sebab di bulan 3-6 setelahnya akan rembes. Sedangkan gasket itu dapat bertahan sampai dua tahun.
  • Bersihkan piston dan ringnya agar ring tidak macet, dan mampu menyapu oli
  • Periksa celah ring piston terhadap silinder. 
Membersihkannya yang paling mudah dengan melumuri minyak rem atau paint remover. Tinggalkan saja sementara waktu agar cairan itu bekerja. Jika dirasa cukup, bilas menggunakan air mengalir sambil disikat, dan kotoran rontok dengan mudah. 
GUNAKAN SARUNG TANGAN! cairan itu terasa panas jika terkena kulit.
  • Bersihkan port knalpot dan intake. Dapat menggunakan cairan yang sama.
  • Bersihkan busi, yang hanya perlu disikat saja.
*O-ring pada selongsong busi bersifat opsional, tidak perlu diganti cukup menunggu sampai rembes sebab tidak berdampak serius.
*Ini semua dilakukan karena BBM pertamina yang memonopoli dengan kualitasnya yang jelek.

FILTER OLI

Dalam pemakaian saya filter oli kertas dua kali ganti dalam satu tahun. Dan O-ring tutup filter oli ganti satu tahun sekali. Jika menggunakan filter oli jenis kawat, bersihkan satu tahun sekali. Dan selesailah bagian mesin.

KARBURATOR

Perlu dibersihkan dengan ditandainya filter udara yang sudah kotor lagi. Cukup menggunakan carb cleaner. Semprot jalurnya agar tidak tersumbat oleh kotoran. Tahu sendiri polusi perkotaan itu parah, dan jeleknya BBM.
*Hati-hari o-ring pada mangkok karbu, kualitasnya jelek terkena bensin langsung melar.

FILTER UDARA

Gunakan produk original, meskipun hanya tahanan sampai satu tahun. Sebab produk aftermarket busanya berbeda, seperti busa cuci piring! Jangan menunggu rontok di jalan seperti yang saya alami.

TANGKI

Tutup tangki motor ini flat. Sehingga air mudah masuk.
  • Kuras tangki, dan krannya dibersihkan. Barang kali ada air, pasir, atau bibit karat!
  • bersihkan lubang drainase pada tangki dan lubang pernapasan pada tutup tangki. 

PENGEREMAN

Satu--satunya alat untuk menghentikan laju motor. Jangan nunggu sampai blog baru diservis.
  • Bersihkan rem depan dan belakang
  • Ganti kampas rem, walaupun masih sisa 2mm dari tanda keausan.
  • Ausnya rem tromol itu dengan kampasnya yang memadat, keras, kempes, dan licin.
  • HARUS ganti cairan rem!
  • Mengganti cakram + mengganti kampas.
Tidak lupa sling kawat kopling dilumasi menggunakan pelumas serba guna.

SPAKBOR BELAKANG
Spakbor belakang, ini tempat berkumpulnya kotoran. Copot dan bersihkan!
  • Karena putaran roda yang membuat kotoran terlempar dan menempel pada spakbor jatuh ke swing arm. Ini vital, air yang bertumpuk minyak dan kotoran tidak cepat mengering, menimbulkan karat sehingga swing arm keropos.

  • Spakbor ini juga berfungsi sebagai pelindung rantai, tapi cipratan oli pada rantai yang menempel padanya yang membuat kotoran ikut menempel. Lalu jauh kembali ke rantai saat mendapat hentakan. Sehingga membuat rantai selalu kotor kalau tidak dibersihkan.

Meskipun part motor ini tidak awet, walaupun original, setidaknya masih dapat diprediksi. Sehingga dapat merencanakan penggantian part sebelum masa pakainya habis. Belum lagi pembelian part ini kebanyakan online karena bengkel yang menyediakan part pulsar umumnya hanya ada di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dll.
Comments