Perawatan tambahan pada tahun ke-2 (25.000km)
- Ganti seal klep, skir ulang jika bocor
- Ganti ring piston (piston masih bagus)
- Ganti gasket karet cover head, jangan lupa tambahkan sealant hi-temp!
- Ganti 2 busi, umurnya hanya sampai 24.000km, walaupun masih bisa nyala!
- Ganti o-ring intake
- Ganti karet intake, jika sudah keras/retak
- Ganti karet vakum karbu dan o-ring, kalau terkena bensin.
- Ganti kampas tromol, kalau sebelumnya tidak diganti. Meratakan kembali liner pada velg. Tromol lebih awet daripada kampas cakram. Habisnya ditandai dengan kempas, keras, dan licin.
- Ganti ban, biasanya mulai habis di 15000km. Bagi pengguna tubeless sekalian ganti valve (pentil) dan bearing jika memilih yang harganya murah. Periksa bearing untuk memprediksi minta ganti.
- Ganti oli dan seal shockbreaker depan belakang.
*Satu lagi yang penting mulai nabung untuk beli aki baru!
Tambahan Perawatan di tahun ke-5 (50.000km)
Dari yang diatas ditambah lagi seperti berikut:
- Ganti klep dan sealnya. Per-nya penggantian di tahun ke-10
- Ganti paket piston, artinya oversize
- Ganti Conrod kalau sudah renggang
- Ganti rantai camshaft + bantalanya
- Ganti kopling 1 set (kampas, plat, hub, per), housing (mangkok) habis di tahun ke-10
- Ganti kabel kopling jika dari tahun pertama belum ganti. Karena tidak pernah tahu bagaimana kondisi dalam sling tersebut.
- Ganti seal kaliper, bisa awet seperti ini karena pistonnya menggunakan bahan alumunium yang mampu menekan dan melepas panas dengan baik.
- Ganti bearing roda, bisa awet sampai 5 tahun kalau bering kualitasnya bagus. Biasanya sudah mulai muncul gejala oblak di tahun ini. Karena perawatan yang tidak ada, dan hanya sekali pakai saja. JANGAN NUNGGU ROMPAL!
- Ganti Sprocket depan
- Ganti Sprocket Belakang
- Ganti Sprocket Rantai
- Ganti baterai (aki). Selama jika dapat mencapai tahun ke-5 ini, bisanya di tahun ke-3 sudah loyo.
Terakhir periksakan kondisi kelistrikan, dan pastikan normal, tidak ada yang kendor, soket gosong, apa lagi kabel putus.
Kalau dibilang tidak awet tapi ya... memang itu karakter mesinnya.