Perawatan Rutin Tahun ke-2 dan ke-5 - Pulsar 135LS

Perawatan Rutin Tahun ke-2 dan ke-5

Perawatan tambahan pada tahun ke-2 (25.000km)

  • Ganti seal klep, skir ulang jika bocor
  • Ganti ring piston (piston masih bagus)
  • Ganti gasket karet cover head, jangan lupa tambahkan sealant hi-temp!
  • Ganti 2 busi, umurnya hanya sampai 24.000km, walaupun masih bisa nyala!

  • Ganti o-ring intake
  • Ganti karet intake, jika sudah keras/retak
  • Ganti karet vakum karbu dan o-ring, kalau terkena bensin.

  • Ganti kampas tromol, kalau sebelumnya tidak diganti. Meratakan kembali liner pada velg. Tromol lebih awet daripada kampas cakram. Habisnya ditandai dengan kempas, keras, dan licin. 

  • Ganti ban, biasanya mulai habis di 15000km. Bagi pengguna tubeless sekalian ganti valve (pentil) dan bearing jika memilih yang harganya murah. Periksa bearing untuk memprediksi minta ganti.

  • Ganti oli dan seal shockbreaker depan belakang.

*Satu lagi yang penting mulai nabung untuk beli aki baru!


Tambahan Perawatan di tahun ke-5 (50.000km)

Dari yang diatas ditambah lagi seperti berikut:

  • Ganti klep dan sealnya. Per-nya penggantian di tahun ke-10
  • Ganti paket piston, artinya oversize
  • Ganti Conrod kalau sudah renggang
  • Ganti rantai camshaft + bantalanya

  • Ganti kopling 1 set (kampas, plat, hub, per), housing (mangkok) habis di tahun ke-10
  • Ganti kabel kopling jika dari tahun pertama belum ganti. Karena tidak pernah tahu bagaimana kondisi dalam sling tersebut.

  • Ganti seal kaliper, bisa awet seperti ini karena pistonnya menggunakan bahan alumunium yang mampu menekan dan melepas panas dengan baik.

  • Ganti bearing roda, bisa awet sampai 5 tahun kalau bering kualitasnya bagus. Biasanya sudah mulai muncul gejala oblak di tahun ini. Karena perawatan yang tidak ada, dan hanya sekali pakai saja. JANGAN NUNGGU ROMPAL!

  • Ganti Sprocket depan
  • Ganti Sprocket Belakang
  • Ganti Sprocket Rantai
Ketiganya bisa satu set, atau terpisah.

  • Ganti baterai (aki). Selama jika dapat mencapai tahun ke-5 ini, bisanya di tahun ke-3 sudah loyo.

Terakhir periksakan kondisi kelistrikan, dan pastikan normal, tidak ada yang kendor, soket gosong, apa lagi kabel putus.

Kalau dibilang tidak awet tapi ya... memang itu karakter mesinnya.

Comments